Berbagai Jenis Substrat dan Pasir Auqascape

Substrat dan pasir sangat dibutuhkan pada aquascape. Dan juga sering digunakan oleh para aquascaper. Karena fungsinya juga banyak sehingga dalam pembuatan sebuah aquascape, anda memerlukan substrat dan juga pasir. Ada berbagai jenis substrat dan pasir aquascape yang bisa anda gunakan dalam pembuatan aquascape agar mencapai hasil sesuai dengan yang anda inginkan.

Substrat adalah sejenis tanah yang biasa terdapat pada tanaman darat. Yang biasa dijadikan sebagai alas atau dasar sebuah aquascape. Substrat ini memiliki banyak fungsi pada setiap aquascape yang telah dibuat. Salah satu manfaanya adalah sebagai media penyerapan sebuah unsur akar dan hara yang terdapat pada setiap tanaman air yang tumbuh di dalam aquascape.


Manfaat yang kedua dari substrat ini adalah sebagai media yang tepat untuk membuat tanaman air tersebut bisa berdiri dengan tegak di dalam aquarium. Juga bisa sebagai background yang tepat untuk keindahan alam yang tertera pada sebuah aquascape. Keberadaan substrat tersebut bisa menampilkan keindahan alam yang alami dan bisa menghibur mata kita dengan keindahannya. 

Jenis substrat yang baik akan memacu peryumbuhan sebuah tanaman air yang hidup di dalamnya. Dan tanaman air tersebut bisa berkualitas baik dengan adanya substrat tersebut. Ada beberapa jenis substrat yang baik yang dapat digunakan pada aquascape anda. Yang pertama yaitu pasir kwarsa. Pasir kwarsa ini sebaiknya memiliki diameter 2-3mm. Tipe pasir kwarsa ini dapat digunakan sebagai substrat karena pertumbuhan suatu tanaman air di dalam aquascape bisa diperkaya dengan kotoran ikan yang berguna sebagai pupuk. 


Dengan beberapa tambahan kotoran ikan yang dijadikan pupuk dan beberapa jumlah unsur hara, maka tanaman air di dalam aquascape tersebut dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, berbagai jenis tanah liat, peat, humus, serta berbagai produk komersial lainnya misalnya laterit dapat digunakan untuk pertumbuhan tanaman air di dalam aquascape. Dan dapat dikombinasikan dengan baik sebagai media tumbuh yang baik pada setiap makhluk hidup yang hidup di dalam aquascape tersebut.

Menurut seorang ahli aquascape, substrat yang baik yang dapat digunakan di dalam aquarium adalah substrat yang tidak banyak mengandung kapur. Ukuran substrat yang terlalu kecil juga tidak baik karena akan membuat dasar aquarium mudah teraduk sehingga membuat air pada aquarium tersebut menjadi keruh.

0 Response to "Berbagai Jenis Substrat dan Pasir Auqascape"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel