Kadar Garam Air Laut Di Akuarium Yang Pas

Kadar garam air laut di akuarium harus sangat di perhatikan. Sebagaimana yang kita telah ketahui, pemberian garam pada ikan ini telah sangat lama dikenal oleh para akuaris atau penyuka akuarium. Kehadiran benda ini adalah merupakan suatu bagian yang sangat berhubungan dengan hobi ikan hias ini. 

Garam yang digunakan dan yang di maksud disini adalah garam NaCI, yaitu adalah merupakan garam yang sama dengan garam dapur yang kita gunakan sehari – hari. Bedanya adalah terdapat pada kandungan NaCI nya saja, karena di dalam kandungan bahan lain dikhawatirkan akan dapat memiliki dampak buruk yang tidak diinginkan pada ikan – ikan yang berada di dalam akuarium.


Pemberian garam adalah termasuk tidak berbahaya bagi ikan, asalkan diberikan dengan jumlah dosis yang pas dan sesuai. Kadar garam air laut di akuarium yang pas ini, akan sangat dapat membantu keseimbangan sistem osmoregulasi yang dapat memicu daya tahan tubuh ikan terhadap penyakit yang akan menyerang tubuhnya. 

Garam, telah lama banyak digunakan sebagai antiseptik yang sangat berguna untuk akuarium, dan selain itu juga dapat berguna sebagai anti jamur atau fungisida. Meskipun begitu, pada akhir – akhir ini, kegunaan garam sebagai fungisida sudah mulai jarang digunakan, karena kini sudah ada berbagai macam anti jamur yang lain khusus di buat untuk ikan.


Banyaknya dosis yang diberi ke dalam air memiliki takaran yang berbeda – beda berdasarkan fungsinya. Salah satunya adalah sebagai perlakuan pengobatan infeksi jamur serta atau bakteri. Untuk penggunaannya, larutan garam dengan takaran konsentrasi 1 persen atau larutan 10 gram garam serta 1 liter air. 

Cara pemberian larutan ini haruslah di taruh secara sedikit – sedikit sehingga konsentrasi dapat tercapai setelah 24 – 48 jam. Hal ini dapat dilakukan agar terhindar dari terjadinya kejutan osmotic, atau yang bisa disebut dengan stress pada ikan yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin menggunakannya baiknya lebih dulu tahu kadar garam air laut di akuarium.

0 Response to "Kadar Garam Air Laut Di Akuarium Yang Pas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel