Destinasi Aquarium Air Tawar Jakarta

Cerita liburan sekolah akhir tahun 2013 lalu kami sekeluarga akhirnya mengunjungi tempatnya para “ikan” di taman aquarium air tawar TMII Jakarta posisinya terletak di dekat danau buatan dan bersebelahan dengan Museum Serangga dan  Taman Kupu dibangun selama 2 tahun dan dibuka resmi sejak april tahun 1994 harga tiket masuknya Rp. 15.000,-/orang.

Aquarium ini merupakan taman biota air tawar terbesar dan terlengkap ke dua di dunia serta  terbesar di asia.


Koleksi Taman Aquarium Air Tawar Raksasa

Dimuka depan kami disambut dengan ikan raksasa, giant Arapaima dan big cat fish alias lele raksasa. Arapaima asli dari sungai Amazon ini biasa ditangkap penduduk lokal lewat pergulatan sengit. Maklum saja, konon panjang Arapaima bisa mencapai lebih dari 2 meter.

Menyimpan 6.000 ekor 126 spesies, gedung dua lantai ini ditata beragam jenis aquarium yang apik dan menarik serta taman aquarium ini dilengkapi museum, perpustakaan, auditorium, akuarium nusantara, pojok reptilia, lorong gurame, dan ruang karantina yang dibangun di bagian belakang untuk pengembangbiakan koleksi dan menampung hasil dari petani yang dapat diperjualbelikan kepada pengunjung, masyarakat umum, penampung ikan, dan eksportir. 


Terdiri atas beragam jenis, baik dari berbagai perairan indonesia maupun belahan dunia lain, meliputi tanaman air, reptilia, crustacea, dan ikan. disini juga membuka kesempatan bagi para mahasiswa dan masyarakat umum untuk melakukan penelitian dan observasi berkait dengan pengembangan ilmu pengetahuan dan peluang bisnis ikan hias.

Beberapa koleksi istimewa yang berasal dari perairan tawar asli indonesia antara lain arwana /siluk (scleropages formosus), hiu gergaji (pristis microdon), tapah (wallago leerii), ikan sumpit, ikan buntal yang dapat menggelembung seperti balon, dan lain-lain. 

Selain itu koleksi jenis ikan tamu yang mempesona antara lain giant arapaima (arapaima gigas), piranha (serrasaimus) dari sungai Amazon di amerika, ikan buta, ikan kupu-kupu, ikan chinese high fin (myxocyprinus asiaticus asiaticus) dari sungai yangtze-cina, serta kelompok ikan kecil guppy, molly, dan platy.


0 Response to "Destinasi Aquarium Air Tawar Jakarta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel