Merawat Aquascape

Aquascape adalah seni merawat dan mengatur aquarium, mungkin saat ini seni ini belum terlalu populer di Indonesia namun di beberapa negara di luar negeri seperti jepang dan Amerika telah menjadi salah satu kesenian yang sering di kontes kan setiap tahun nya. 

Merawat aquascape wajib dilakukan agar aquascape yang anda miliki menjadi salah satu hal menarik dalam rumah anda, berikut beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam rangka merawat aquascape yang anda miliki:


1. Mengganti Air yang menguap.

Dalam sebuah aquarium, penguapan air yang terjadi bisa dipengaruhi banyak hal mulai dari suhu di dalam tanki aquarium yang terllau panas sehingga mempercepat proses penguapan selain itu semakin terang cahaya dalam aquarium juga mempengaruhi hal ini, Penguapan yang cepat jelas mempengaruhi volume air dan menambahkan jumlah konsesntrasi beragan hal didalamnya seperti garam, kalsium dan bahan lain. Untuk menggantinya bisa anda lakukan sesuai kebutuhan aquarium anda.

2. Bersihkan Kaca dan Ganti Air

Dalam merawat aquascape yang satu ini anda bisa menggunakan hewan untuk membersihkan kaca seperti Pond Snail (sejenis siput yang memanfaatkan lumut sebagai makanannya) atau bisa juga memanfaatkan udang red cherry namun jika anda tidak ingin memanfaatkan jasa kedua hewan tersebut anda bisa menggunakan obat anti lumut sesuai dengan aturan yang berlaku tentunya. 

Dalam penggantian air sebenarnya tidka ada aturan baku namun sebagian pakar aquarium memberikan patokan bagi anda yang ingin mengganti air aquarium, cukup 60% air dalam tangki sementara frekwensi pergantiannya bisa anda sesuaikan dengan keadaan.

3. Pemupukan

Pemupukan dilakukan untuk memenuhi nutrisi tumbuhan dalam aquascape anda, agar terus tetap bisa tumbuh.


4. Pembersihan filter

Pembersihan filter dilakukan agar kotoran yang mengumpul dalam kain pre filter tidak menumpuk. Karena jika terlalu banyak kotoran dalam filter akan berakibat tidka maksimalnya kerja filter dalam membersihkan air.

5. Pembersihan Gravel

Gravel yang poisinya ada pada bagian dasar aquarium sangat memungkinkan untuk menjadi tempat mengendapnya kotoran yang tidak tersirkulasi, itulah sebabnya membersihkannya dalam periode tertentu bisa merupakan cara yang jitu sebagai jalan untuk merawat aquascape milik anda.

6. Pengecekan Mutu Air

Mutu air dalam aquascape wajib diperhatikan spesifikasinya, mulai dari kadar Co2 (karbondioksida) bebas, Oksigen Terlarut (do), Ph, Suhu dan Nitrogen dalam air. Hal ini sebenarnya sudah dipermudah dengan banyaknya alat yang bisa digunakan sebagai alat untuk mengontrol hal hel tersebut.

0 Response to "Merawat Aquascape"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel