Aquascape dan Arwana

Ikan Arwana adalah salah satu ikan yang sempat menjadi ikon ikan-ikan berharga mahal di Indonesia. Ikan yang berasal dari Pulau Kalimantan ini memang banyak diminati oleh penyuka ikan hias di Indonesia karena corak dan pertumbuhannya yang tidak seperti ikan hias lain. 

Memang pantas ikan ini dihargai mahal karena untuk merawatnya diperlukan biaya yang mahal juga, hanya di aquarium yang telah dikondisikan khususlah ikan ini bisa awet dan tahan hidup hampir mirip seperti persyaratan yang dimiliki oleh akuarium yang menggunakan aquascape di dalamnya. Namun hingga saat ini belum banyak orang yang berhasil mengawinkan aquascape dan arwana dalam satu tangki aquarium.


Hal ini dikarenakan tidak semua tanaman dalam sistem aquascape bisa hidup di suhu yang diinginkan ikan arwana, seperti yang sudah umum diketahui dalam tanki ikan arwana dilengkapi dengan heater yang akan bekerja saat suhu air di dalam tanki turun. 

Pupuk dalam aquascape untuk mensuplai nutrisi tanaman juga bisa mempengaruhi keberadaan ikan arwana karena ikan  ini termasuk ikan yang cukup sensitif terhadap perubahan dalam konsentrasi zat dalam air itulah kenapa aquascape dan arwana belum banyak dipilih oleh para penyukan aquascape.

Selain itu faktor cahaya juga merupakan salah satu syarat yang diperlukan untuk membuat ikan arwana agar tetap menunjukkan warna khas nya, cahaya yang diperlukan termasuk high light sementara tidak semua tumbuhan dalam aquascape bisa berkembang dengan sempurna di bawah cahaya yang terlalu terang. 


Sifat predator Arwana juga menjadi masalah tersendiri yang harus diperhatikan jika anda ingin menjadikannya ikan hias dalam aquascape anda, kendati ikan Arwana adalah pemangsa sesama ikan dan bukan pemangsa tanaman namun dengan tubuhnya yang besar seperti itu bukan tidak mungkin ikan arwana akan merusak susunan batu, kayu atau tanaman yang telah anda desain dengan bagus dalam interior aquascape anda.

Dengan sifat predatornya tersebut bukan tidak mungkin ikan arwana akan meulaki dirinya sendiri mengingat permukaan batu dan kayu cukup tajam untuk menggores tubuh Ikan yang dikenal mahal ini, itulah sebabnya aquascape dan arwana sepertinya bukan perpaduan yang cocok, karena akan saling merugikan baik dari segi tanaman dan aksesories di dalam nya maupun Ikan Arwana sendiri yang tidka nyaman karena luasan tanki menjadi semakin sempit baginya.

0 Response to "Aquascape dan Arwana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel