Cara Mengatasi Air Keruh Yang Disebabkan Oleh Hama Lumut Pada Akuarium Air Laut

Mengatasi air keruh pada akuarium air laut tidak berbeda jauh seperti pada akuarium air tawar. Kondisi air keruh ini kebanyakan disebabkan oleh tumbuhnya jamur seperi lumut, alga, dan juga ulat air. Sebagai habitat buatan, tentu akan sangat susah untuk terus menjaga kualitas air agar selalu sama dengan habitat aslinya. 

Terlebih lagi kecantikan akuarium anda tentu akan sangat terganggu jika airnya keruh dan berlumut. Oleh karena itu, anda harus segera membersihkan akuarium anda kemudian mencegah terjadinya hal yang sama terjadi pada akuarium air laut anda. Kebersihan akuarium sangat menentukan kesehatan ikan yang bernaung di dalamnya.



Kehadiran hama lumut memang sangat mengganggu kejernihan air akuarium. Namun, lumut yang adadi dalam akuarium bisa anda cegah dengan membersihkan gravel. Biasanya pada gravel sering ditumbuhi beberapa jenis hama yang sangat mengganggu kesehatan akuarium anda. Membersihkan gravel dengan rutin akan sedikit mengurangi perkembangbiakan lumut pada akuarium anda dan menjaga air tetap jernih. 

Cara mengatasi air keruh pada akuarium air laut yang disebabkan oleh lumut paling ampuh adalah dengan menggunakan ikan pembasmi lumut. Obat-obatan kimia tidak dianjurkan karena efek terburuknya adalah dapat membunuh tanaman air dan ikan yang berada dalam akuarium tersebut.


Walau bagaimanapun, akuarium air laut lebih membutuhkan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan akuarium dengan air tawar. Kondisi air juga harus sesuai dengan keadaan normal air laut dengan segala kondisinya. Air tidak boleh terlalu bersih juga, karena ada beberapa bakteri yang juga dibutuhkan. Sebagai tambahan pengetahuan untuk anda, ada dua jenis bakteri yang dibutuhkan dalam akuarium air laut, yaitu autotrops dan heterotrops. 

Bakteri tersebut menentukan sukses atau tidaknya sebuah akuarium air laut karena bakteri tersebut membantu proses nitrogen cycle yaitu proses perubahan ammonia yang dikonversi menjadi nitrite, nitrite kemudian dikonversi lagi menjadi nitrate. Mengatasi air keruh pada akuarium air laut dengan menguras akuarium hendaknya dilakukan beberapa minggu sekali saja agar tidak kehilangan beberapa bakteri yang berguna.

0 Response to "Cara Mengatasi Air Keruh Yang Disebabkan Oleh Hama Lumut Pada Akuarium Air Laut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel